Laman

Kamis, 05 Agustus 2010

RPP SKI MA Semester Ganjil 2010-2011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (1)        :
Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat  
Kompetensi Dasar                  :
1.1. Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.2. Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3. Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4. Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
Indikator                                :
1.1.1        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Makkah
1.1.2        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah
1.1.3        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
1.1.4        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
1.1.5        Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah
1.1.6        Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
1.2.1        Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW. periode Makkah
1.2.2        Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW. periode Madinah
1.2.3        Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW. periode Makkah
1.2.4        Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW. periode Madinah
1.2.5        Menunjukkan reaksi masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
1.2.6        Menunjukkan reaksi masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
1.3.1        Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW. dalam dakwah Islam pada periode Makkah
1.3.2        Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW. dalam dakwah Islam pada periode Madinah
1.4.1        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah Islam pada periode Makkah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
1.4.2        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

Alokasi Waktu                       : 6 jam pelajaran ( 6 x 40 menit )

I.       Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Makkah
2        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah
3        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
4        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah
5        Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah
6        Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
7        Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW. periode Makkah
8        Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW. periode Madinah
9        Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW. periode Makkah
10    Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW. periode Madinah
11    Menunjukkan reaksi masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
12    Menunjukkan reaksi masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Madinah Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW. dalam dakwah Islam pada periode Makkah
13    Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW. dalam dakwah Islam pada periode Madinah
14    Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah Islam pada periode Makkah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
15    Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

II.    Materi Ajar :
§  Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
§  Sejarah Dakwah Rasulullah periode Madinah
§  Substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
§  Substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
§  Hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah
§  Hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah
§  Ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

III. Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inquiri
·         Pengamatan

IV.   Langkah-langkah pembelajaran :

1. Pertemuan Pertama
  1. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa untuk mempelajari pengetahuan Sejarah Kebudayaan Islam dan bertanya tentang sejarah dan strategi dakwah Rasulullah

  1. Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Makkah
·         Memberikan ilustrasi sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
·         Membagi siswa menjadi empat kelompok
·         Masing-masing kelompok mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
·         Mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok
·         Presentasi hasil diskusi kelompok

  1. Kegiatan Akhir
·         Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang sejarah dan strategi dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
·         Tanya jawab tentang sejarah dan strategi dakwah Rasulallah SAW
·         Mempersilahkan siswa membuat essai singkat dari hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup

2. Pertemuan Kedua
  1. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa untuk mempelajari hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah

  1. Kegiatan Inti :
·         Memberikan ilustrasi sejarah hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
·         Membagi siswa menjadi empat kelompok
·         Masing-masing kelompok mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
·         Mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok
·         Presentasi hasil diskusi kelompok

  1. Kegiatan Akhir
·         Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
·         Tanya jawab tentang hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah yang diperoleh dengan alasannya
·         Mempersilahkan siswa membuat essai singkat dari hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup

3. Pertemuan Ketiga
  1. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa untuk mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

  1. Kegiatan Inti :
·         Memberikan ilustrasi dari ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
·         Membagi siswa menjadi empat kelompok
·         Masing-masing kelompok mencari dan mengumpulkan ibrah yang dapat diambil dari kisah sejarah dakwah dan hasil-hasil perjuangan Rasulallah SAW
·         Mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok
·         Presentasi hasil diskusi kelompok

  1. Kegiatan Akhir
·         Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang ibrah sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah hasil-hasil perjuangan Rasulallah SAW untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
·         Tanya jawab tentang ibrah yang diperoleh dengan alasannya
·         Mempersilahkan siswa membuat essai singkat dari hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup
V.     Sarana & Sumber Belajar :
  • Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
  • A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam I, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
  • Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
  • Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
  • Husien Haikal, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta: Lentera AntarMasa, 2008
  • Ensiklopedia Islam
  • Internet dan Intranet
  • Buku paket SKI yang relevan
  • LKS SKI

VI.  Penilaian Hasil Belajar :

1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Tulis
-    Tes Kinerja
-    Portofolio
-    Unjuk kerja
-    Tes Lisan

2.  Bentuk instrumen:
-    Uraian
-    Diskusi
-    Karya tulis
-    Hasil klasifikasi
-    Pendapat

3.  Contoh instrumen :
Tes tulis :
Soal                 : Tuliskan ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah 
                          pada periode Makkah !

Kunci               : 1. Penyembah berhala
                          2. Suka minum-minuman keras
                          3. Suka berjudi
                          4. Suka mengadu nasib

Skor     : 5
                          


                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (2)        :
Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat  
Kompetensi Dasar                  :
2.1. Menceritakan model-model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaurrasyidin
2.2. Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaurrasyidin
2.3. Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaurrasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
Indikator                                :
2.1.1        Menjelaskan model pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah
2.1.2        Menjelaskan model pemilihan Umar bin Khaththab sebagai khalifah
2.1.3        Menjelaskan model pemilihan Utsman bin Affan sebagai khalifah
2.1.4        Menjelaskan model pemilihan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah
2.2.1        Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
2.2.2        Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab
2.2.3        Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan
2.2.4        Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib
2.3.1        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Abu Bakar untuk masa kini dan masa yang akan datang
2.3.2        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab untuk masa kini dan masa yang akan datang
2.3.3        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan untuk masa kini dan masa yang akan datang
2.3.4        Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk masa kini dan masa yang akan datang

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran ( 4 x 40 menit )

I.                   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1           Menjelaskan model pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah
2           Menjelaskan model pemilihan Umar bin Khaththab sebagai khalifah
3           Menjelaskan model pemilihan Utsman bin Affan sebagai khalifah
4           Menjelaskan model pemilihan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah
5           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
6           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab
7           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan
8           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib
9           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Abu Bakar untuk masa kini dan masa yang akan datang
10       Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab untuk masa kini dan masa yang akan datang
11       Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan untuk masa kini dan masa yang akan datang
12       Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk masa kini dan masa yang akan datang

II.                Materi Ajar :
§  Model pemilihan Khalifah Abu Bakar
§  Model pemilihan Khalifah Umar bin Khaththab
§  Model pemilihan Khalifah Utsman bin Affan
§  Model pemilihan Khalifah Ali bin Abi Thalib
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Abu Bakar untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Umar bin Khaththab untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

III.             Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inquiri
·         Pengamatan

IV.               Langkah-langkah pembelajaran :

Pertemuan 1

A.     Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan pertanyaan model pemilihan kepemimpinan Khulafaurrasyidin

B.   Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  model pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin
·         Memberikan ilustrasi kepemimpinan khulafauurasyidin
·         Membagi siswa menjadi empat kelompok
·         Masing-masing kelompok mengkaji beberapa sumber tentang model pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin dan strategi kepemimpinan mereka (setiap kelompok membahas kepemimpinan khalifah yang berbeda)
·         Mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok
·         Presentasi hasil diskusi kelompok

C.   Kegiatan Akhir
·         Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang model pemilihan kepemimpinan dan strategi kepemimpinan khulafaurrasyidin
·         Tanya jawab tentang model pemilihan kepemimpinan dan strategi kepemimpinan khulafaurrasyidin
·         Mempersilahkan siswa membuat essai singkat dari hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup
Pertemuan 2

B.     Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan pertanyaan ibrah model pemilihan dan strategi kepemimpinan Khulafaurrasyidin

B.   Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  ibrah model pemilihan dan strategi kepemimpinan khulafaurrasyidin
·         Memberikan ilustrasi model pemilihan dan strategi kepemimpinan khulafauurasyidin
·         Membagi siswa menjadi empat kelompok
·         Masing-masing kelompok mengkaji beberapa sumber tentang ibrah yang dapat diambil dari model pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin, strategi kepemimpinan mereka (setiap kelompok membahas ibrah dari kepemimpinan khalifah yang berbeda)
·         Mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok
·         Presentasi hasil diskusi kelompok

C.   Kegiatan Akhir
·         Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang model pemilihan kepemimpinan dan trategi kepemimpinan khulafaurrasyidin
·         Tanya jawab tentang ibrah yang diperoleh dengan alasannya
·         Mempersilahkan siswa membuat essai singkat dari hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup

V.                 Sarana & Sumber Belajar :
  • Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
  • A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam I, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
  • Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
  • Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
  • Husien Haikal, Abu Bakar as-Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Jakarta: Lentera AntarMasa, 2008
  • Ali Audah, Ali bin Abi Thalib, Jakarta: Lentera AntarMasa, 2008
  • Ensiklopedia Islam
  • Internet dan Intranet
  • Buku paket SKI yang relevan
  • LKS SKI

VI.              Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Tulis
-    Tes Kinerja
-    Portofolio
-    Tes Lisan

2.  Bentuk instrumen:
-    Uraian
-    Diskusi
-    Essai hasil diskusi
-    Pendapat

3.  Contoh instrumen :
Tes Tulis:
Soal    : Bagaimanakah model pemilihan kepemimpinan Umar bin Khathtab?

Kunci : Sewaktu Abu Bakar sakit beliau mengusulkan agar penggantinya nanti dipegang  oleh Umar bin Khaththab. Kemudian usulan ini dimusyawarahnya oleh para Sahabat dan disetujui. Hasil musyawarah tersebut akhirnya disampaikan kepada ummatnya.

Skor     : 10
                          

                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (3)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M-1250 M.
Kompetensi Dasar      (3.1)     :
Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650M-1250M.
Indikator                                :
4.1.1        Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Umayyah I
4.1.2        Menunjukkan masa kejayaan Daulah Umayyah I
4.1.3        Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
4.1.4        Menunjukkan masa kejayaan Daulah Abbasiyah
4.1.5        Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Umayyah II
4.1.6        Menunjukkan masa kejayaan Daulah Umayyah II

Alokasi Waktu                       : 6 jam pelajaran ( 6 x 40 menit )

III.             Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Umayyah I
2.      Menunjukkan masa kejayaan Daulah Umayyah I
3.      Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
4.      Menunjukkan masa kejayaan Daulah Abbasiyah
5.      Mengklasifikasikan perkembangan Islam dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan masa pemerintahan Daulah Umayyah II
6.      Menunjukkan masa kejayaan Daulah Umayyah II

IV.              Materi Ajar :
§  Perkembangan Islam masa pemerintahan Daulah Umayyah I
§  Perkembangan Islam masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
§  Perkembangan Islam masa pemerintahan Daulah Umayyah II

V.                 Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Driil
·         Diskusi kelompok
·         Pengamatan




VI.              Langkah-langkah pembelajaran :

Pertemuan Pertama
A.  Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang perkembangan Islam setelah khulafauurasyidin

B.  Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah I
·         Memberikan ilustrasi tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah I
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok dan memberi tugas yang berbeda-beda (periode kepemimpinan dibahas masing kelompok)
·         Guru membimbing siswa dalam membuat peta konsep tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah I
·         Siswa menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta  menghubungkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah I
·         Siswa mendiskusikan hasilnya dengan anggota kelompok dilanjutkan dengan kelompok lain

C.  Kegiatan Akhir
·         Guru memeriksa hasil pekerjaan dan memastikan bisa dipresentasikan pada pertemuan berikutnya
·         Memberikan salam penutup

Pertemuan Kedua
  1. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dan appersepsi:
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan, bagaimana perkembangan Islam masa Daulah Abbasiyah?
  1. Kegiatan Inti :
B.  Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  perkembangan Islam pada masa Daulah Abbasiyah
·         Memberikan ilustrasi tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Abbasiyah
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok dan memberi tugas yang berbeda-beda (periode kepemimpinan dibahas masing kelompok)
·         Guru membimbing siswa dalam membuat peta konsep tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Abbasiyah
·         Siswa menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta  menghubungkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Abbasiyah
·         Siswa mendiskusikan hasilnya dengan anggota kelompok dilanjutkan dengan kelompok lain
  1. Kegiatan Akhir
·         Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan Islam masa Daulah Abbasiyah
·         Guru memberikan tugas rumah siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang perkembangan Islam masa Daulah Abbasiyah
·         Memberikan salam penutup




Pertemuan Ketiga
  1. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dan appersepsi:
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan, bagaimana perkembangan Islam masa Umayyah II?
  1. Kegiatan Inti :
o    Tanya jawab awal tentang  perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah II
o    Memberikan ilustrasi tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah II
o    Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok dan memberi tugas yang berbeda-beda (periode kepemimpinan dibahas masing-masing kelompok)
o    Guru membimbing siswa dalam membuat peta konsep tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah II
o    Siswa menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta  menghubungkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah II
o    Siswa mendiskusikan hasilnya dengan anggota kelompok dilanjutkan dengan kelompok lain

  1. Kegiatan Akhir
·         Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan Islam masa Daulah Umayyah II
·         Guru memberikan tugas rumah siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang perkembangan Islam masa Daulah Umayyah II
·         Memberikan salam penutup

VII.     Sarana & Sumber Belajar :
·         Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam utk MA kls XII, Jakarta: PT. Listafariska Putra,2006
·         Husein Tuanaya,M.Ag.,dkk., Sejarah Kebudayaan Islam 3a, Surabaya:PT. Wahana Dinamika Karya,2004
·         Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·         A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·         Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·         Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·         M.Masyhur Amin,M.Ag. Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2004
·         Ahmad Wahid, dkk, Menjelajah Peradaban Islam, Sleman:Pustaka Insan Madani, 2006
·         Ensiklopedia Islam
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket SKI yang relevan
·         LKS SKI

VIII.  Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Unjuk Kerja

2.  Bentuk instrumen:
-    Peta Konsep

3.  Contoh instrumen :
Buatlah Peta Konsep yang menggambarkan perkembangan Islam masa pemerintahan Umayyah I!



Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
1.        
Ketepatan konsep
2
2.        
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
3.        
Kerapian gambar
2
4.        
Kreatifitas gambar
2
5.        
Kerjasama yang baik
2

Jumlah skor
10
                          

                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (3)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M-1250 M.
Kompetensi Dasar      (3.2)     :
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
Indikator                                :
3.2.1. Menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah I di Damaskus, Bani Abbas di Baghdad, dan Bani Umayyah II di Andalusia
3.2.2. Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam Daulah Umayyah I, Daulah Abbasiyah, dan Daulah Umayyah II
3.2.3. Menunjukkan contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pengetahuan dan sains
3.2.4. Mengidentifikasi para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun

Alokasi Waktu                       : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit )

I.                   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.        Menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah I di Damaskus, Bani Abbas di Baghdad, dan Bani Umayyah II di Andalusia
2.        Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam Daulah Umayyah Islam, Daulah Abbasiyah, dan Daulah Umayyah II
3.        Menunjukkan contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pengetahuan dan sains
4.        Mengidentifikasi para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun

II.                Materi Ajar :
§  Bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah I di Damaskus, Bani Abbas di Baghdad, dan  Bani Umayyah II di Andalusia
§  Tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam Daulah Umayyah I, Abbasiyah, dan Umayyah II
§  Kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
§  Para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun

III.             Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Diskusi kelompok
·         Pengamatan




IV.              Langkah-langkah pembelajaran :

A.     Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang bentuk pemerintahan Bani Umayyah I di Damaskus, Bani Abbas di Baghdad, dan  Bani Umayyah II di Andalusia

B.  Kegiatan Inti :
·         Membagi siswa menjadi 6 kelompok
·         Memberi tugas yang berbeda-beda pada masing-masing kelompok
·         Guru memberi ilustrasi tentang materi yang akan dikaji
·         Mengajak siswa mencari sumber data di perpustakaan sekolah
·         Memberikan kesempatan untuk mengkaji beberapa literatur yang terkait dengan tugas
·         Mendiskusikan hasil kajiannya dengan anggota kelompok
·         Mendiskusikan hasil diskusinya dengan kelompok yang lain

C.  Kegiatan Akhir
·         Guru memastikan kalau siswa tidak mengalami kesulitan dan tugas sudah dalam bentuk makalah
·         Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat essai singkat hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup

V.                 Sarana & Sumber Belajar :
·         Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam utk MA kls XII, Jakarta: PT. Listafariska Putra,2006
·         Husein Tuanaya,M.Ag.,dkk., Sejarah Kebudayaan Islam 3a, Surabaya:PT. Wahana Dinamika Karya,2004
·         Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·         A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·         Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·         M.Masyhur Amin,M.Ag. Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2004
·         Ahmad Wahid, dkk, Menjelajah Peradaban Islam, Sleman:Pustaka Insan Madani, 2006
·         Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·         Ensiklopedia Islam
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket SKI yang relevan
·         LKS SKI

VI.              Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Kinerja
-    Portofolio

2.  Bentuk instrumen:
-    Diskusi
-    Essai hasil diskusi

3.  Contoh instrumen :
-          Petunjuk : Bacalah beberapa literatur tentang tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam masa pemerintahan Daulah Umayyah I, kemudian diskusikan secara berkelompok! 



Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
1.       
Ketepatan mencari informasi dengan menggunakan literatur
2
2.       
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
3.       
Kerjasama dalam kelompok yang baik
2
4.       
Ketepatan data yang diperoleh
2
5.       
Membuat kesimpulan
2

Jumlah skor
10
                          


                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (3)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M-1250 M.
Kompetensi Dasar                  :
3.3. Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
3.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembanagn Islam pada periode klasik
Indikator                                :
3.3.1. Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia
3.3.2. Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
3.3.3. Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari keruntuhan Daulah Umayyah I di Damaskus, Daulah Abbasiyah di Baghdad, dan Daulah Umayyah II di Andalusia
3.4.1. Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para tokoh dalam perkembangan Islam, para filosof terkenal Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
3.4.2. Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para tokoh dalam perkembangan Islam, para ilmuwan Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
3.4.3. Meneladani ketekunan para tokoh dalam perkembangan Islam, para filosof pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
3.4.4. Meneladani ketekunan para tokoh dalam perkembangan Islam, para ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun


Alokasi Waktu                       : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit )

I.          Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia
2.      Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
3.      Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari keruntuhan Daulah Umayyah I di Damaskus, Daulah Abbasiyah di Baghdad, dan Daulah Umayyah II di Andalusia
4.      Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para tokoh dalam perkembangan Islam, para filosof terkenal Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
5.      Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para tokoh dalam perkembangan Islam, para ilmuwan Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
6.      Meneladani ketekunan para tokoh dalam perkembangan Islam, para filosof pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
7.      Meneladani ketekunan para tokoh dalam perkembangan Islam, para ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun


II.         Materi Ajar :
§  Ibrah dari masuknya Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia
§  Ibrah dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
§  Ibrah dari keruntuhan Daulah Umayyah I di Damaskus, Daulah Abbasiyah di Baghdad, dan Daulah Umayyah II di Andalusia
§  Keteladanan para tokoh dalam perkembangan Islam para filosof dan ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun

III.       Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Diskusi
·         Pengamatan

IV.       Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang perkembangan dan runtuhnya Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia

B.  Kegiatan Inti :
·         Siswa diberi kesempatan berdiskusi dengan teman sebangku (2 siswa) untuk mengkaji dan mencari jawaban tentang ibrah dari perkembangan Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia; dari kemajuan-kemajuan yang dicapai; dan dari keruntuhannya.
·         Menggabungkan dengan kelompok lain (4 siswa) menjadi kelompok baru yang lebih besar untuk sharing dalam merumuskan jawaban baru
·         Memberi kesempatan setiap kelompok untuk presentasi hasil sharing
·         Memberi kesempatan pada setiap kelompok untuk mensimulasikan keteladanan para tokoh Islam, para filosof dan ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
·         Memberi kesempatan pada setiap kelompok untuk menghubungkan keteladanan mereka dengan perkembangan Islam

C.  Kegiatan Akhir
    • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang ibrah dari perkembangan Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia; dari kemajuan-kemajuan yang dicapai; dan dari keruntuhannya.
    • Mempersilahkan siswa secara individu menulis pada buku tugas (dikumpulkan) tentang ibrah dari perkembangan Islam di Damaskus, Baghdad, dan Andalusia; dari kemajuan-kemajuan yang dicapai; dan dari keruntuhannya dengan disertai alasan.
    • Memberikan salam penutup

VII.           Sarana & Sumber Belajar :
·         Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam utk MA kls XII, Jakarta: PT. Listafariska Putra,2006
·         Husein Tuanaya,M.Ag.,dkk., Sejarah Kebudayaan Islam 3a, Surabaya:PT. Wahana Dinamika Karya,2004
·         Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·         A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·         Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·         M.Masyhur Amin,M.Ag. Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2004
·         Ahmad Wahid, dkk, Menjelajah Peradaban Islam, Sleman:Pustaka Insan Madani, 2006
·         Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·         Ensiklopedia Islam
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket SKI yang relevan
·         LKS SKI

VIII.        Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Lisan
-    Tes Kinerja

2.  Bentuk instrumen:
-    Mengemukakan pendapat
-    Pengamatan Sikap

3.  Contoh instrumen :
-          Ibrah apa yang dapat anda peroleh dari peristiwa runtuhnya Islam di Andalusia? Apa alasannya? 

Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
1.        
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
2.        
Kerjasama yang baik
2
3.        
Ketepatan ibrah yang ditemukan
2
4.        
Kualitas argumen dalam mengungkapkan ibrah
4

Jumlah skor
10
                          

                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                            Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (4)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M)
Kompetensi Dasar      (4.1)     :
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa pertengahan
Indikator                                :
-          Menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
-          Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

Alokasi Waktu                       : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit )

I.                   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
2.      Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
II.        Materi Ajar :
·         Perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
III.      Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Driil
·         Diskusi kelompok
·         Pengamatan
IV.      Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang perkembangan Islam dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
B.  Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab awal tentang  perkembangan Islam dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Memberikan ilustrasi tentang perkembangan Islam dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok dan memberi tugas yang berbeda-beda (1 pemerintahan dibahas 2 kelompok)
·         Guru membimbing siswa dalam membuat peta konsep tentang perkembangan Islam dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Siswa menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta  menghubungkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang perkembangan Islam dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Siswa mendiskusikan hasilnya dengan anggota kelompok
C.  Kegiatan Akhir
·         Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan Islam abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Guru memberikan tugas rumah siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang perkembangan Islam abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
·         Memberikan salam penutup
V.     Sarana & Sumber Belajar :
·  Depag. R.I, Sejarah Peradaban Islam 3b, Jakarta, 1997
·  M. Masyhur Amin, Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2006
·  Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·  A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·  Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·  Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·  Ensiklopedia Islam
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket SKI yang relevan
·  LKS SKI
VI.    Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Unjuk Kerja
2.  Bentuk instrumen:
-    Peta Konsep
3.  Contoh instrumen :
·         Buatlah Peta Konsep yang menggambarkan perkembangan Islam abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
6.        
Ketepatan konsep
2
7.        
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
8.        
Kerapian gambar
2
9.        
Kreatifitas gambar
2
10.    
Kerjasama yang baik
2

Jumlah skor
10
                                                                                               
                                                                                                 Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                              Guru Mata Pelajaran,



MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (4)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M)
Kompetensi Dasar      (4.2)     :
Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
Indikator                                :
4.2.1. Mengidentifikasi sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
4.2.2. Menunjukkan contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

Alokasi Waktu                       : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit )

I.        Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Mengidentifikasi sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
2.      Menunjukkan contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

II.       Materi Ajar :
1           Sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
2           contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

III.      Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Diskusi kelompok
·         Pengamatan

IV.      Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang sebab-sebab kemunduran Islam abad pertengahan(Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

B.  Kegiatan Inti :
·         Membagi siswa menjadi 6 kelompok
·         Memberi tugas yang berbeda-beda pada masing-masing kelompok
·         Guru memberi ilustrasi tentang materi yang akan dikaji
·         Memberikan kesempatan untuk mengkaji beberapa literatur yang terkait dengan tugas
·         Mendiskusikan hasil kajiannya dengan anggota kelompok
·         Guru mempersilahkan tiap kelompok mempresentasikan hasil kajian dan diskusi kelompoknya

C.  Kegiatan Akhir
·         Menyimpulkan bersama-sama hasil diskusi
·         Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat essai singkat hasil diskusi secara individu
·         Memberikan salam penutup

V.       Sarana & Sumber Belajar :
·         Depag. R.I, Sejarah Peradaban Islam 3b, Jakarta, 1997
·         M. Masyhur Amin, Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2006
·         Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·         A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·         Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·         Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·         Ensiklopedia Islam
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket SKI yang relevan
·         LKS SKI

VI      Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Kinerja
-    Portofolio

2.  Bentuk instrumen:
-    Diskusi
-    Essai hasil diskusi

3.  Contoh instrumen :
-          Petunjuk : Bacalah beberapa literatur tentang sebab-sebab runtuhnya Kerajaan Usmani di Turki, kemudian diskusikan secara berkelompok! 
Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
1.       
Ketepatan mencari informasi dengan menggunakan literatur
2
2.       
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
3.       
Kerjasama dalam kelompok yang baik
2
4.       
Ketepatan data yang diperoleh
2
5.       
Membuat kesimpulan
2

Jumlah skor
10
                          
                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,


MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
 



Satuan  Pendidikan     : Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin
Kelas / Semester         : XII / Ganjil
Mata pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
 




Standar kompetensi   (4)        :
Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M)
Kompetensi Dasar      (4.3)     :
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
Indikator                                :
4.3.1     Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban  pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
4.3.2     Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

Alokasi Waktu                       : 2 jam pelajaran ( 2 x 40 menit )

I.          Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban  pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
2.      Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

II.         Materi Ajar :
1.      Ibrah dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban  pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)
2.      Ibrah dari peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan (Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal)

III.       Metode :
·         Tanya jawab
·         Inquiri
·         Diskusi

IV.       Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
·         Memberikan salam pembuka
·         Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang sebab-sebab runtuhnya Islam di Turki Usmani

B.  Kegiatan Inti :
·         Siswa dibagi menjadi 6 kelompok untuk membahas ibrah dari perkembangan dan keruntuhan Islam di Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal
·         Setiap kelompok mendiskusikan dengan anggota kelompok tentang ibrah yang diperoleh
·         Memberi kesempatan pada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya

C.  Kegiatan Akhir
    • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang ibrah dari perkembangan dan keruntuhan Islam di Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal
    • Mempersilahkan siswa secara individu menulis pada buku tugas (dikumpulkan) tentang ibrah dari perkembangan Islam dan keruntuhan Islam di Kerajaan Usmani, Safawi, dan Mughal dengan disertai alasan.
    • Memberikan salam penutup

V.        Sarana & Sumber Belajar :
·  Depag. R.I, Sejarah Peradaban Islam 3b, Jakarta, 1997
·  M. Masyhur Amin, Sejarah Peradaban Islam, Bandung:Indonesia Spirit Fondation, 2006
·  Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 1993
·  A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam 2, Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1994
·  Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam, Jakarta:Akbar Media Eka Sarana, 2003
·  Philip K Hitti, History of Arabs, Jakarta: Serambi, 2010
·  Ensiklopedia Islam
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket SKI yang relevan
·  LKS SKI
VI.      Penilaian Hasil Belajar :
1.  Jenis Penilaian:
-    Tes Kinerja
-    Portofolio

2.  Bentuk instrumen:
-    Diskusi
-    Essai hasil diskusi

3.  Contoh instrumen :
-          Ibrah apa yang dapat anda peroleh dari peristiwa runtuhnya Islam Turki Usmani? Apa alasannya? 
Rubrik :
No.
A s p e k
Skor
1.        
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
2
2.        
Kerjasama yang baik
2
3.        
Ketepatan ibrah yang ditemukan
2
4.        
Kualitas argumen dalam mengungkapkan ibrah
4

Jumlah skor
10
                          
                                                                                                Probolinggo, 10 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                             Guru Mata Pelajaran,

MISBAHUL MUNIR AA, SPd, MPd             MOH. RIDHOI, SPD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar